perbandingan ATA SATA dan SCSI

Perbandingan ATA SATA dan SCSI itulah pembahasan kita kali ini. sahabat Mbahyar merenung sedikit . tidak terasa semakin hari saya semakin tua saja,  ya mungkin kalau mencalonkan untuk menjadi aktor mungkin sudah kalah saingan dengan yang muda mudi lainnya. " Curhat nih Mbah.." wajar saja tidak selamanya kita terus muda , lambat laun pasti akan mengalami penuaan .  begitu juga teknologi yang semakin hari banyaknya bermunculan teknologi teknologi baru yang membawa dampak bagi teknologi jadul yang akan semakin ditinggalkan . itulah alasan saya ikut memposting perbandingan ATA SATA dan SCSI ini agar kalian semua memahami apa perbedaan Ketiga teknologi ini.  
Tolong disimak !

1. ATA

                ATA merupakan tipe drive yang paling populer digunakan oleh PC pada umumnya. Standar tipe ATA tahun 1986 dengan menggunakan 16 bit paralel dan terus berkembang dengan penambahan kecepatan transfer dan ukuran sebuah disk. Standar terakhir adalah ATA-7 yang dikenalkan pertama kali padatahun 2001 oleh komite T13(komite yang bertanggung jawab menentukanstandart ATA). Tipe ATA-7 memiliki data transfer sebesar 133 MB/sec. Kemudian selama tahun 2000 ditentukan standar untuk paralel ATA yang memiliki data rate sebesar 133 MB/sec, tapi paralel ATA terdapat banyak masalah hal singnal timin, EMI(electromognetic interference) danintergitas data. Kemudian para industri berusaha menyelesaikan masalahyang di timbulkan oleh paralel ATA dan di buat standar baru yang disebut Serial ATA (SATA).
                Advanced Technology Attachment (ATA) menggunakan 16 bit paralel digunakan untuk mengontrol peralatan komputer, dan telah di pakai selama 18 tahun lebih sebagai standar. Perbedaan SATA dan ATA yang paling mudah adalah kabel data dan power yang berbeda.
                Standar ATA, seperti 200GB Western Digital Model, mempunyai dua inch kabel ribbon dengan 40 pin koneksi data danmembutuhkan 5V untuk setiap pin dari 4 pin connection. Sedangkan SATA adalah 120 GB western Digital Model mempunyai lebar setengah inci, 7 connector data connection sehingga lebih tipis dan mudah untuk mengatur kebel datanya. Kabel data SATA mempunyai panjang maksimal 1 meter(39.37 inci) lebih panjang dari ATA yang hanya 18 inci.


Konektor ATA



2. SATA
                SATA merupakan interface hard disk yang menggunakan teknologi serial, dengan 15 pin kabel power dengan 250 mV. Kemampuan SATA yang paling bagus adalah tercapainya maximum bandwith yang mungkin yaitu sebesar 150 MB/sec.
                SATA di buat dengan kemampuan hot-swap sehinga dapat mematikan dan menyalakan tanpa melakukan shut down pada sistem komputer. Sedangkan dalam harga, drive SATA lebih mahal sedikit dibandingkan drive ATA. Sekarang standar ATA telah mulai di tinggalkan dan produsen memilih standart SATA.

 Konektor SATA


3. SCSI
                Small Computer System Interface (SCSI) adalah standar yang dibuat untuk keperluan transfer data antara komputer dan periferal lainnya. Standar SCSI mendefinisikan perintah-perintah, protokol dan antarmuka elektrik dan optik yang diperlukan. SCSI menawarkan kecepatan transfer data yang paling tinggi di antara standar yang lainnya.
Konektor SCSI
                SCSI banyak terdapat di hard disk dan tape drive. Namun, SCSI juga terdapat pada scanner, printer, dan peranti optik (DVD, CD, dan lainnya). Standar SCSI digolongkan sebagai standar yang device independent sehingga secara teoritis SCSI bisa diterapkan di semua tipe hardware.

jadi sudah tau perbedaannyakan . terimakasih sudah berkunjung dan membaca perbandingan ATA SATA dan SCSI . jangan lupa berkomentar.

0 comments:

Posting Komentar

berikan komentar anda disini...
Terimakasih atas komentar anda...